Aplikasi Standar Keperawatan Pada Asuhan Keperawatan Medikal Bedah Di RSUD Indramayu
Abstract
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Indramayu dalam melakukan
pelayanannya belum maksimal menjalankan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit. Pemberian asuhan keperawatan yang diberikan kepada pasien belum berdasarkan standar yang yang telah dikeluarkan oleh organisasi profesi perawat yaitu Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), hal ini mengakibatkan komunikasi dan dokumentasi asuhan keperawatan yang belum seragam. Sehingga perlu adanya solusi yaitu aplikasi standar keperawatan untuk menyamakan dokumentasi dan komunikasi asuhan keperawatan antar perawat dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien/masyarakat. Metodelogi pelaksanaan yang digunakan meliputi : identifikasi masalah dan kebutuhan, analisis dan perencanaan, penyesuaian sistem, uji coba dan evaluasi, serta pelaporan. Hasil dari penyesuaian kebutuhan yang telah dilakukan dituangkan pada suatu aplikasi berbasis android dan website, yang diharapkan dapat membantu perawat memberikan pelayanan sesuai standar. Aplikasi android digunakan perawat dalam melakukan pencatatan tanda dan gejala, yang kemudian oleh system ditentukan secara otomatis diagnosis keperawatan yang telah memenuhi tanda dan gejala mayor 80-100 %. Kemudian perawat mengisi penyebab dari diagnosis keperawatan, menginput tujuan atau luaran beserta kriteria hasilnya dan menginput rencana tindakan beikut poin-poin tindakan tersebut. Pada proses monitoring perawat dapat menginput tindakan yang dilakukan sesuai perencanaan beserta evaluasi dari luaran pasien. Sedangkan pada platform website digunakan oleh kepala ruangan atau perawat ruangan dalam melakukan monitoring perkembangan tindakan yang dilakukan perawat pada asuhan keperawatan. Aplikasi ini telah disosialisasikan dan diuji pada bagian medical bedah RSUD Indramayu