Pemanfaatan Pembelajaran Digital pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Panti Asuhan Dharma Laksana
Abstract
Pembelajaran Digital dapat diartikan sebagai pendekatan pembelajaran yang menggunakan
teknologi untuk mendukung proses pembelajaran itu sendiri, serta untuk mencapai tujuannya.
Sesuai protokol kesehatan yang disarankan oleh pemerintah, di masa pandemi Covid-19,
Pembelajaran Digital dan penggunaan Teknologi Informasi menjadi solusi untuk meminimalisir
kemungkinan terpapar Covid-19.Mengambil tempat di Panti Asuhan Dharma LaksanaMataram,
kegiatan Pengabdian kepada Maysarakat (PkM) ini merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan
PkM sebelumnya, untuk memastikan keberlanjutan hasil pelatihan. Berdasarkan tinjauan awal,
penggunaan perangkat komputer tersebut belum optimal, baik bagi siswa maupun guru.
Ketidakmampuan mengoptimalkan penggunaan perangkat komputer tampaknya berdampak pada
efektifitas pendekatan pembelajaran dengan memanfaatkan Teknologi Informasi. PkM ini
dilakukan dengan menggunakan metodologi Service Learning dan dirancang untuk membantu
pengembangan sumber daya manusia terkait metode dan media pembelajaran yang digunakan
selama masa pandemi Covid-19. Proses pelaksanaan dilakukan secara luring dan daring dengan
memanfaatkan teknologi. Dalam kegiatan PkM diperkenalkan Edmodo yang merupakan salah
satu platform pembelajaran terkemuka, dan Pengantar Multimedia Pembelajaran, termasuk
pendekatan Pembelajaran Campuran (Blended Learning) menggunakan fitur dari Google Apps.
Kegiatan PkM ini berjalan sesuai tujuan kegiatan yaitu meningkatkan kesadaran siswa dan guru
tentang Pembelajaran Digital, dengan memperkenalkan beberapa platformpendidikan.