Ikon --Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/IKON en-US ilonaoisina@yahoo.com (Ilona V. Oisina Situmeang) ilonaoisina@yahoo.com (Ilona V. Oisina Situmeang) Tue, 28 May 2024 11:08:16 +0700 OJS 3.1.2.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Peran Pemerintah Dan Wisatawan Dalam Menjaga Dan Melestarikan Wisata Kota Tua https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/3676 <p>Kota Tua Jakarta, dikenal dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia) adalah sebuah wilayah kecil di Jakarta, Indonesia. Kota Tua Jakarta merupakan salah satu objek wisata yang tepatnya berada di Jl. Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat. Wisata Kota Tua terkenal dengan peninggalan-peninggalan masa penjajahan, sebut saja Museum Fatahillah yang dulunya sebagai balai kota, tempat pengadilan, dan penjara bawah tanah. Saat ini wisata Kota Tua terkenal mulai dari Museum Fatahillah, Museum Wayang, dan Bank Indonesia. Namun, seiring dengan berjalannya waktu terdapat banyak perubahan yang berada di Kota Tua sehingga terdapat kekurangan dari segi pengelolaan, khususnya ini juga sebagai sebuah kritikan untuk Pemerintah DKI Jakarta dalam pengelolaan Kota Tua Jakarta dari kebijakan dan tindakan yang diterapkan. Padahal, apabila dikelola dan dimanfaatkan dengan tepat, wisata Kota Tua berpotensi menjadi sumber pendapatan daerah yang dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian negara. Dalam hal ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis data primer berupa hasil wawancara lapangan dan hasil kuesioner melalui google from serta data sekunder dari literatur mengenai Kota Tua. Dalam rangka untuk mencapai Indonesia Emas 2045, tentunya kata “emas” dalam hal ini juga ditujukan dalam konteks industri dan pariwisata, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menjaga dan melestarikan wisata Kota Tua melalui peran pemerintah dan wisatawan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran pemerintah sebagai pengelola wisata Kota Tua dinilai sudah berkontribusi, sedangkan peran wisatawan yang kurang dalam menjaga dan melestarikan wisata Kota Tua karena kurangnya kesadaran dalam tiap individunya.</p> Alifah Jasmine Kalista Remanu, Bella Ola Shakira, Galang Putra Susilo, Zahra Hanifah Salma, Hermina Manihuruk, Prima Dwi Yuliani, Rahmi Meldayati Copyright (c) 2024 https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/3676 Tue, 28 May 2024 00:00:00 +0700 REPRESENTASI KARAKTERISTIK GENERASI MILLENIAL PADA IKLAN SASA (MSG “MICIN SWAG GENERATION”) DI MEDIA YOUTUBE (ANALISIS SEMIOTIKA FERDINAND DE SAUSSURE) https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/3677 <p>Penelitian ini bertujuan untuk membahas representasi karakteristik generasi millennial dalam iklan Sasa (MSG “Micin Swag Generation”) di Media Youtube dengan menggunakan analisis semiotika Ferdinand De Saussure. Metode yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan menggunakan sumber data primer yaitu iklan Sasa (MSG “Micin Swag Generation”) dan data sekunder yaitu studi pustaka. Penulis menggunakan teknik analisis data semiotika FerdinandDe Saussure dengan mengumpulkan data dalam bentuk potongan scene yang terdapat pada iklan dan hasil data yang diperoleh akan di analisis dengan mencari makna denotasi dan konotasi yang ada dalam objek penelitian. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik generasi millennial dengan sebutan “generasi micin” dalam<br>iklan Sasa “Micin Swag Generation” ini ditemukan adanya hiperrealitas yang mensimulasi masyarakat mengenai dampak dari konsumsi micin. Karakteristik ini ditunjukkan dengan penanda (signifier) dan petanda (signified) yang ada pada scene iklan melalui kegiatan yang dilakukan, objek yang digunakan dan teks yang ditampilkan.</p> Shindy Dwi Melati, Aan Setiadarma, Aniek Irawati Copyright (c) 2024 https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/3677 Tue, 28 May 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Intensitas Menonton Konten Youtube Nex Carlos Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Aplikasi Gofood https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/3678 <p>Internet menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat, dengan menggunakan internet seseorang dapat dengan mudah memberikan atau menerima informasi dari berbagai sumber, salah satu aplikasi membeli dengan transportasi online adalah GoFood. Yang menjadi perumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh intensitas menonton konton Youtube terhadap Keputusan pembelian Masyarakat melalui aplikasi Gofood. Dalam penelitian ini menggunakan variabel intensitas menonton konten dan variabel Keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan penedekatan kuantitatif dengan sifat penelitian eksplanatif dan metode penelitian survey. Teori yang digunakan dalam penelitian ini teori uses and gratification. Teknik sampling menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil uji T yang dilakukan terdapat pengaruh antara variabel intensitas menonton konten Youtube terhadap keputusan pembelian masyarakat menggunakan aplikasi GoFood</p> Velantin Valiant Copyright (c) 2024 https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/3678 Tue, 28 May 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Isu Kerusakan Lingkungan https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/3679 <p>Keberlangsungan hidup manusia bergantung pada lingkungan. Namun, kurangnya kesadaran manusia dalam menjaga lingkungan, menyebabkan banyak kerusakan lingkungan terjadi. Untuk menumbuhkan kesadaran manusia, Greenpeace menggunakan media sosial instagram dalam memberikan informasi serta himbauan kepada manusia agar melestarikan lingkungan dan lebih menjaga kelestariaan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan media sosial instagram @greenpeaceid terhadap pemenuhan kebutuhan informasi isu kerusakan lingkungan. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif yang pelaksanaannya dilakukan dengan cara memantau dan menganalisis secara menyeluruh terhadap akun instagram @greenpeaceid. Pada penelitian ini menggunakan metode pendistribusian kuesioner kepada pengikut akun instagram @greenpeaceid sebanyak 100 responden, 100 responden didapatkan dengan Teknik probability sampling yaitu simple random sampling, metode analisis data uji validitas, uji reliabilitas dan uji regresi linier sederhana, data yang sudah terkumpul dioleh dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS 25. Penelitian ini menunjukan bahwa akun instagram @greenpeaceid berpengaruh positif sebesar 79% terhadap pemenuhan kebutuhan informasi followers soal isu kerusakan lingkungan.</p> Dony Adityansyah, Woro Harkandi Kencana Copyright (c) 2024 https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/3679 Tue, 28 May 2024 00:00:00 +0700 Komunikasi Bencana dalam menanggulangi Bencana Gempa Bumi di Kabupaten Cianjur https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/3736 <p>Komunikasi bencana mencakup serangkaian upaya untuk menyebarkan informasi,<br>merencanakan respons, dan memfasilitasi koordinasi antara berbagai pihak yang terlibat<br>dalam penanggulangan dan pemulihan bencana. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui<br>Peran Komunikasi Bencana dalan menanggulangi bencana gempa bumi di Kabupaten<br>Cianjur Metode Penilitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan<br>bahwa Komunikasi bencana di Kabupaten Cianjur telah menunjukkan kemajuan, namun<br>masih ada ruang untuk perbaikan. Dengan kerjasama antara pemerintah, lembaga<br>penanggulangan bencana, dan masyarakat, sistem komunikasi yang lebih efektif dan<br>responsif dapat dikembangkan, yang pada gilirannya akan meningkatkan kemampuan<br>Kabupaten Cianjur dalam menghadapi ancaman bencana di masa mendatang.Komunikasi<br>bencana yang efektif memainkan peran kunci dalam mengurangi risiko dan dampak<br>bencana, serta dalam memperkuat ketahanan masyarakat terhadap ancaman bencana di<br>masa depan dapat dan membantu mengurangi dampak buruknya dan memfasilitasi<br>pemulihan komunitas yang terdampak. Penyebaran komunikasi selama dan setelah gempa<br>bumi adalah kunci untuk mengurangi kerugian dan memfasilitasi pemulihan.</p> Hamidah Dwiningtias, Didik Hariyadi Raharjo Copyright (c) https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/3736 Mon, 01 Apr 2024 00:00:00 +0700 Proses Content Creator Radio dalam Membangun Brand Engagement https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/3737 <p>Konvergensi media merupakan bentuk penggabungan media konvensional dengan media baru<br>untuk diarahkan dalam satu tujuan. Konvergensi media sangat berguna untuk kebanyakan orang<br>untuk mempermudah dalam memperoleh informasi dengan praktis dan biaya yang terjangkau<br>(tidak mahal). Perubahan format dari analog ke digital membuat beberapa media harus bekerja<br>keras karena mengingat tidak semua media lama bisa memiliki kekuatan untuk mengimbangi<br>perubahan-perubahan yang harus dihadapi di era new media ini. Menurut Huotari, dkk content<br>creator merupakan kegiatan dalam menyebarkan informasi yang ditransformasikan ke dalam<br>sebuah gambar, video dan tulisan atau disebut sebagai sebuah konten, yang kemudian konten<br>tersebut disebarkan melalui platform dan salah satunya adalah media sosial Instagram. Seiring<br>berjalannya waktu, kini content creator perlu memiliki keahlian khusus. Terlebih lagi, kini para<br>pengguna Instagram sudah menjadikan Instagram sebagai ladang berbinis, pembentukan product<br>branding, personal branding dan corporate branding. Peneliti mengadakan penelitian tentang<br>bagaimana content creator membuat konten sosial media milik Radio karena, konten di media<br>sosial sangat berperan penting dalam mempertahankan media konvergensi yaitu radio dengan<br>adanya konten di media sosial berperan penting dalam mempertahankan eksistensi di era digital.</p> Arbi Cristional Lokananta Copyright (c) https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/3737 Mon, 01 Apr 2024 00:00:00 +0700 Strategi Marketing Politik dan Personal Branding Prabowo Subianto dalam Pemilu Presiden 2024 https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/3739 <p>Dalam sebuah negara demokrasi menghendaki pemilihan yang secara langsung dipilih<br>oleh rakyat dan atas kepentingan rakyat banyak sehingga calon presiden atau calon kepala<br>daerah diharuskan memiliki kemampuan menarik simpati pemilih salah satunya dengan<br>pengunaan strategi marketing dan personal branding melalui Media Sosial, Personal<br>Branding yang dimiliki pasangan Prabowo Subianto tinggi elektabilitas dibandingkan<br>pasangan lainnya hal ini dikarenakan kualitas pribadi dan nilai yang dimiliki mampu<br>menciptakan respon emosional pendukungnya ditambah dengan Strategi Marketing<br>Politik “ Gemoy “ dan Animasi AI di Media Sosial. Penelitan ini bertujuan mengetahui<br>strategi marketing politik dan Personal Branding yang dilakukan calon presiden Prabowo<br>Subianto dalam memenangkan kontestasi pada Pemilu 2024. Penelitian ini menggunakan<br>Penelitian Analisis isi Kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa strategi Marketing<br>Politik dan Personal Branding Capres Prabowo Subianto melalui Media Sosial “ Gemoy “<br>dan Animasi AI sangat efektif dalam mempengaruhi Pilihan Masyarakat.</p> Ilham Kurniawan Copyright (c) https://ojs.upi-yai.ac.id/index.php/IKON/article/view/3739 Tue, 02 Apr 2024 00:00:00 +0700