Pengaruh Penggunaan Fitur Reels Pada Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Kedai Kopi TMLST
Survei Pada Pengikut Akun Instagram @tmlstcollectivespace
Abstract
Fitur reels Instagram digunakan kedai kopi TMLST Collective Space sebagai media penyampai informasi mengenai kedai kopi. Tujuan Penelitian ini Untuk mengetahui besaran pengaruh penggunaan fitur reels pada Instagram terhadap minat beli konsumen kedai kopi TMLST. Teori yang digunakan Elaboration Likelihood Model, yaitu dengan memperkirakan kapan dan bagaimana cara kita untuk mencegah dan membuat orang lain terbujuk oleh sebuah pesan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, bersifat eksplanatif dengan metode survei. Populasi adalah pengikut akun Instagram @tmlstcollectivespace dengan sampel sebesar 100 responden menggunakan teknik incidental sampling. Dari hasil analisis, nilai koefisien korelasi sebesar 0,784 berarti terdapat arah hubungan kuat dan searah (positif) antara variabel X dan variabel Y. Dari hasil uji hipotesis, dapat disimpulkan nilai t hitung lebih besar daripada t tabel. Hasil tersebut menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan fitur reels pada Instagram terhadap minat beli konsumen kedai kopi TMLST. Pengaruh yang ada bersifat positif dan signifikan.