Analisis isi video iklan layanan masyarakat terhadap bahaya merokok bagi remaja di ruang publik

Studi Kasus di Youtube: Dekasa 9’7, Visual AF production, dan Marwah rakyat

  • Syifa Afrilya Yunitasari Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Rahma Yulia Maharani Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • Ana Kuswanti Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Keywords: Edukasi, Iklan Layanan Masyarakat, Rokok, Masyarakat

Abstract

Masyarakat berisiko mengalami gangguan kesehatan akibat aktivitas merokok. Ruang publik dan fasilitas umum berfungsi sebagai saluran untuk penyebaran zat berbahaya yang terdapat -pada rokok kepada orang lain. Tujuan penelitian untuk mengetahui pesan edukasi yang terdapat dalam video Iklan Layanan Masyarakat (ILM) membahas tentang bahaya merokok bagi masyarakat khususnya remaja di ruang publik. Jenis penelitian kuantitatif dengan analisis isi pada masing-masing satu video yang terdapat pada tiga channel Youtube yaitu Dekasa 9’7, Visual AF production, dan Marwah rakyat. penelitian dengan menggunakan teori pengembangan (kultivasi) untuk mendukung pengaruh media terhadap kehidupan masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari tiga video channel Youtube, maka hasil menunjukkan bahwa penilaian dua koder tiap unit verbal dan nonverbal hanya dua unit yaitu tulisan (verbal) dan gambar (nonverbal) yang mencapai nilai dengan jumlah 100 persen memberikan pesan edukasi dengan indikator mendorong pembelajaran. Uji reliabilitas yang dilakukan oleh antara dua koder dengan menggunakan formula scott berjumlah 0,74 persen untuk pesan verbal yang terdapat pada unit tulisan. 

Published
2023-11-16