MODEL EVALUASI INTEGRASI KESUKSESAN DAN PENERIMAAN SISTEM INFORMASI E-LEARNING UNIVERSITAS

  • Agus Prasetyo Utomo
  • Novita Mariana
  • Rara Sri Artati Rejeki
Keywords: E-Learning, Sistem Informasi, model penerimaan UTAUT, model kesuksesan SI DeLone dan McLean, model kesesuaian HOT Fit, model TAM, model evaluasi terintegrasi, Model MELSS

Abstract

Pendidikan dianggap salah satu sektor yang telah secara radikal dipengaruhi oleh perkembangan teknologi
informasi. Di era internet, universitas dan lembaga pendidikan tinggi semakin cenderung untuk menyediakan elearning.
E-learning diyakini hasil utama mengadopsi dan menggunakan teknologi informasi baru dan lebih maju
di sektor pendidikan. Meskipun pertumbuhan yang cepat ini dalam bidang e-learning, masih ada berbagai masalah
yang dihadapi para pemangku kepentingan dari e-learning sistem. Salah satu masalah utama adalah mengukur
penerimaan dan keberhasilan sistem e-learning. Meskipun perhatian telah diarahkan kepada isu keberhasilan
sistem informasi, masih ada argumen tentang faktor-faktor yang paling efektif dalam mengukur penerimaan dan
keberhasilan sistem informasi e-learning. Isu mengukur penerimaan dan keberhasilan sistem informasi memiliki
dampak pada mengevaluasi keberhasilan e-learning sistem juga. Penelitian ini bertujuan untuk mengusulkan model
metodologi evaluasi untuk menilai keberhasilan e-learning sistem. Kontribusi dari penelitian ini adalah model yang
diusulkan untuk menilai keberhasilan e-learning sistem. Model ini didasarkan pada tinjauan menyeluruh dari
literatur keberhasilan e-learning dan model keberhasilan sistem informasi. Enam teori yang relevan dengan usulan
model evaluasi kesuksesan dan penerimaan sistem informasi e-learning di unversitas digunakan untuk membangun
model yang ada dalam penelitian ini, yaitu model kesuksesan sistem informasi DeLone dan McLean, model Unified
Theory of Acceptance and Usage of Technology (UTAUT), Model Technology Acceptance Model (TAM), model
kesesuaian Human Organization Technology Fit (HOT Fit), model evaluasi terintegrasi, dan Model MELSS.
Berbagai pemangku kepentingan seperti instruktur, mahasiswa, dan staf ICT dipertimbangkan dalam model ini.

Published
2018-02-02