Literasi Pemanfaatan Kecerdasan Buatan Dalam Menunjang Kemampuan dan Produktivitas Dosen UPN Veteran Yogyakarta Menulis Karya Ilmiah di Jurnal Bereputasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan kecerdasan buatan terhadap keterampilan komunikasi digital dosen di UPN “Veteran” Yogyakarta. Kualitas akademik dan reputasi universitas sangat dipengaruhi oleh kemampuan dosen dalam menulis karya ilmiah. Namun pada praktinya dosen sering menghadapi kendala keterbatasan waktu dan kekurangan akses ke sumber literatur serta literasi teknologi yang lemah. Keterbatasan ini mengurangi produktivitas dan kualitas tulisan ilmiah. Munculnya teknologi Artificial Inteligence (AI) dianggap sebagai solusi penting untuk mempercepat dan memudahkan proses penulisan karya ilmiah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi survei dengan menyebarkan kuesioner kepada dosen UPN “Veteran” Yogyakarta. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan metode statistik untuk mengevaluasi dampak penggunaan kecerdasan buatan terhadap keterampilan dosen dan kualitas penulisan ilmiah. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan AI mempunyai pengaruh positif terhadap kesadaran dosen terhadap keterampilan menulis ilmiah. Dosen yang aktif menggunakan teknologi cenderung memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pemanfaatan teknologi informasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan kecerdasan buatan (AI) tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan produktivitas dosen. Oleh karena itu, disarankan agar institusi tidak hanya mengandalkan AI untuk meningkatkan produktivitas dosen. Sebaliknya, diperlukan evaluasi lebih lanjut untuk memahami faktor-faktor lain yang mungkin lebih berperan dalam meningkatkan produktivitas dosen.