Penerapan Metode Amati-Tiru-Modifikasi (ATM) Dalam Studi Desain Furniture Kursi
Abstract
Dalam pendidikan desain terutama desain furniture di Indonesia, para pengajar seringkali
mengalami kendala untuk memberikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Banyak materi
yang harus diberikan kepada mahasiswa baik secara teoritis maupun aplikatif agar mahasiswa dapat
mempergunakannya dalam membuat desain. Hal tersebut belum cukup karena ternyata
pembelajaran desain memerlukan metode agar materi tersebut tepat dan lebih mudah diterapkan.
Dalam penulisan ini penulis akan menjelaskan secara deskriptif salah satu metode pembelajaran
yang sederhana dan telah lama dipakai dalam dunia desain, yaitu metode ATM yaitu Amati, Tiru,
dan Modifikasi. Metode ATM ini tidak hanya dipergunakan dalam pembelajaran, tetapi secara
meluas digunakan di dunia bisnis dalam pengolahan produk baru. Dalam penulisan ini penulis
memakai metode kualitatif dengan pendekatan naratif deskriptif melalui contoh studi kasus yang
dilakukan di dalam kelas.